KN Monday, 22 December 2014  

GRAHA PENA, Jl. Malik Raya 50 Kendari Sultra
Phone : 0401-3126513
Redaksi: redaksi@kendarinews.com
Iklan: iklan@kendarinews.com
Link Banner
ShareThis
Bagikan : Tutup
Home arrow Kolut arrow Bahan Tambahan Makanan Belum Terbukti Picu Kanker
Bahan Tambahan Makanan Belum Terbukti Picu Kanker
Bahan Tambahan Makanan Belum Terbukti Picu Kanker
(Foto: jpnn)
KENDARINEWS,
TEKANAN darah atau suhu tubuh menjadi salah satu indikator untuk melihat kondisi tubuh anda. Lalu bagaimana dengan kondisi kaki? Ternyata, kesehatan seseorang juga bisa dilihat dari keadaan kakinya.
"Kaki adalah bagian pertama yang akan terpengaruh jika ada masalah pada tubuh terutama yang berkaitan dengan saraf," kata Carolyn McAloon, DPM, ahli penyakit kaki di Bay Area dan presiden California Podiatric Medication Association,  seperti dilansir laman Shine.Yahoo.

Karena itu, ada baiknya mengenali keadaan kaki untuk mengetahui seberapa sehat anda. Apa saja tanda-tandanya?

1. Bulu di kaki rontok


Berhati-hatilah jika kaki terutama di ibu jari terasa sakit saat anda menggunakan alas kaki seperti sandal jepit. Sebab, di bagian itulah terdapat banyak bulu kaki.

Tapi hati-hati, bulu yang mudah rontok bisa jadi indikasi aliran darah ke kaki tidak lancar. Oleh karena itu saat periksa ke dokter, mintalah dokter mengecek denyut nadi di kaki. Jika tidak normal, bisa saja ada masalah di liver, dimana liver tidak bisa memompa darah dengan baik.

2. Sering kram

Masalah sirkulasi dan saraf bisa menyebabkan kaki kram. Meskipun kekurangan gizi juga bisa jadi penyebabnya. Jika berolahraga, pastikan anda tidak dehidrasi karena dehidrasi juga bisa mengakibatkan otot kram. Selain itu, cobalah mengkonsumsi asupan tinggi kalium, magnesium, dam kalsium.

"Untuk pertolongan pertama, rendamlah kaki di air hangat dan regangkan jari kaki ke arah atas, bukan justru ke bawah. Jika masih berlanjut, periksalah ke dokter untuk mengecek peredaran darah dan keadaan saraf anda," kata McAloon.

3. Luka di kaki tidak kunjung sembuh

Keadaan ini bisa jadi tanda diabetes atau kanker kulit. Sebab, kadar glukaosa dalam darah yang tidak terkontrol bisa menyebabkan kerusakan di semua saraf kaki sehingga saat terluka anda tidak akan merasakannya. Luka yang tidak sembuh-sembuh juga bisa jadi tanda kanker kulit. Karena, melanoma bisa muncul di manapun termasuk di celah jari kaki.

4. Kaki terus menerus dingin

Hipotiroid adalah penyebab umum kaki yang tidak pernah merasa hangat atau terus-terusan dingin. Hipotiroid juga ditandai dengan rambut rontok, kelelahan, berat badan tidak stabil, dan depresi.

5. Jempol kaki tiba-tiba membesar

Jika sendi ibu jari tiba-tiba merah, bengkak, serta terasa panas dan nyeri, maka anda memerlukan pertolongan medis segera karena itu bisa jadi tanda arthritis, penyakit gout, peradangan, inflamasi, dan trauma.

6. Kaki kebas


Mati rasa di kedua kaki dikenal dengan neuropati perifer yang umumnya disebabkan oleh diabetes, kecanduan alkohol atau efek samping kemoterapi. Jika mati rasa hanya di satu kaki, kemungkinan karena ada saraf terjepit di pergelangan kaki atau punggung yang sebagian besar akibat terlalu lama memakai sepatu yang sempit.

7. Nyeri tumit

Rasa sakit yang amat sangat di bagian bawah tumit saat berdiri atau bangun dari tempat tidur bisa disebabkan karena anda terlalu sering memakai sepatu sempit, sandal jepit, atau sepatu yang sudah tidak layak. Untuk menyembuhkannya, anda bisa mengganti sepatu dengan yang lebih nyaman, meminta obat dari dokter atau melakukan peregangan.

8. Kulit kaki gatal dan mengelupas


Keadaan kulit kaki yang seperti ini bisa dipastikan akibat infeksi jamur yang bisa diobati menggunakan krim anti-jamur. Jika memang anda bebas jamur tapi kulit kaki tetap mengelupas, bisa jadi anda terkena psoriasis.

9. Kuku kuning


Kuku yang menguning bisa terjadi secara alami seiring bertambahnya usia atau karena penggunaan kuteks yang terlalu lama. Jika kuku juga mengalami kerapuhan dan mengelupas, kemungkinan besar ada infeksi jamur di kaki anda. (fny/jpnn)

Comments
Add New RSS
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
Please input the anti-spam code that you can read in the image.
 

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
Sultra Terkini