KendariNews.com | Thursday, 31 July 2014
Welcome at KendariNews.com
Beranda
Satu Korban Meninggal Dunia Akibat Banjir Bandang
Written by Siti Asiah   
Wednesday, 03 July 2013
Image
Kegiatan simulasi penanganan bencana di Kolaka Utara, Rabu (3/7/2013). dok/KNEWS
KENDARINEWS.COM (Lasusua):
Tepat Pukul 10.00 Wita, Rabu,(3/7) banjir bandang terjadi di Desa Batuganda Permai Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara yang mengakibatkan satu orang meninggal dunia, empat orang luka berat, dua orang luka ringan dan dua orang patah tulang.
Koordinator Tagana Dinas Sosial Sulawesi Tenggara Alham Kurniawan, menyatakan kegiatan simulasi bencana yang dilakukan yakni untuk pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Desa Batuganda tingkat Sulawesi Tenggara dan Kolaka Utara menjadi tuan rumah.

“Korban meninggal 1 Orang, Luka berat 4 Orang, luka ringan 2 Orang dan patah tulang itu akan diskenariokan dalam simulasi latihan penanggulangan bencana dan juga akan melibatkan 200 warga,” ungkap Alham.

Lebih Lanjut alham menjelaskan kejadian banjir bandang tersebut disimulasikan guna  penagggulangan jika terjadi bencana alam, jadi semua masyarakat sudah mengetahui apa yang akan dilakukan sehingga pada saat terjadi bencana alam. Mulai dari deteksi dini, kemudian Tim Reaksi Cepat (TRC), evakuasi, pengungsian, keamanan, air bersih, dapur umum, dan humas.

“Pembentukan KSB di Kolaka Utara karena pernah terjadi banjir bandang pada tahun 2010 Lalu dan menelan korban sebanyak 13 Orang, sehingga Kolaka Utara menjadi tuan rumah pembentukan KSB tingkat Sulawesi Tenggara,” ungkap Alham.

Setelah KSB terbentuk di Kolaka Utara bukan hanya sekedar momen, masyarakat sudah lebih siap dan tanggap mulai dari memasang tenda, mendirikan dapur umum, dan kegiatan KSB ini mampu meminimalisir korban bencana alam yang kemungkinan akan terjadi.

“yang terlibat dalam kegiatan ini terlibat adalah teman-teman dari tagana Provinsi, tagana Kolaka Dan Kolaka Utara kementerian Sosial, Dinas Sosial provinsi dan kabupaten,” pungkasnya.(k6)
 
Kolaka Pos Online