KendariNews.com | Saturday, 25 October 2014
Welcome at KendariNews.com
Beranda arrow Nasional arrow Agus Santoso : LHP Dana Mencurigakan Diserahkan ke Polisi
Agus Santoso : LHP Dana Mencurigakan Diserahkan ke Polisi
Written by Editor-KN   
Thursday, 16 May 2013
KENDARINEWS.COM: Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) aliran dana mencurigakan di rekening salah satu anggota kepolisian dengan inisial LS yang merupakan anggota Kepolisian Resort Sorong berpangkat Ajun Inspektur Satu (Aiptu) telah diserahkan kepada pihak kepolisian. Demikian diungkapkan Wakil Kepala  Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Agus Santoso, Kamis (16/5/2013).
"Terkait kasus tersebut, kami sudah menyerahkan LHP kepada pihak kepolisian untuk melakukan penyidikan, kami juga memberikan apresiasi kepada polri yang cepat tanggap dalam menangani kasus tersebut," terang Agus saat berkunjung di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (16/5/2013).

Besaran dana yang tercatat dalam rekening anggota kepolisian tersebut memang cukup fantastis yakni mencapai 1,3 Triliun.

Agus Santoso menjelaskan bahwa kasus tersebut sudah diserahkan kepada pihak kepolisian untuk memperjelas apa yang telah ditemukan pihak PPATK.

"Penyidikan merupakan domain Polri, bukan PPATK lagi, kami hanya mendukung tugas kepolisian artinya jika dalam penyidikan yang dilakukan pihak Polri membutuhkan tambahan data, maka bisa meminta kepada kami, kami siap untuk membantu dan membongkar tuntas kasus ini" katanya.

Namun demikian, ia juga menegaskan bahwa hasil penelusuran yang dilakukan PPATK selama ini belum tentu termasuk dalam tindak kejahatan. "Kami hanya melakukan penelusuran saja sebagai bukti, kalau masalah hal ini masuk dalam kejahatan atau tidak, maka itu tugas pihak kepolisian yang akan memperjelas mana yang tindak kejahatan dan bukan," tegasnya. (lina)