KendariNews.com | Tuesday, 2 September 2014
Welcome at KendariNews.com
Beranda
Pj Bupati Konkep Bukan Putera Daerah
Written by Siti Asiah   
Wednesday, 22 May 2013
KENDARINEWS.COM (Unaaha): Harapan perwakilan masyarakat Konawe Kepulauan (Konkep) agar putera daerah setempat yang ditunjuk menjadi Pj Bupati, sulit terwujud. Bupati Konawe, Lukman Abunawas memberi isyarat, nama-nama penjabat pemerintahan di wilayah pemekaran baru yang diusulkan ke gubernur itu semua adalah pemangku eselon dari kabupaten induk. Sementara, nama-nama yang sebelumnya diusulkan masyarakat Konkep untuk dipertimbangkan jadi Pj, tak satupun berasal dari Pemkab Konawe.
"Pejabat di kabupaten induk tentu lebih memahami Konkep, karena sebelumnya berada dalam satu kesatuan kabupaten. Memang sudah saatnya kader potensial Konawe juga diberi kesempatan untuk memimpin.
Saya merekomendasikan pejabat dari kabupaten induk. Inisialnya sudah saya beberkan sebelumnya, yakni NS, AP, dan AS. Dua lainnya nanti saja dilihat. Yang pasti pejabat kabupaten induk," ujar Lukman berulang-ulang dengan nada menegaskan. Selasa (21/5) kemarin, ia mengaku telah membawa rekomendsi tersebut ke gubernur.
    
Soal harapan masyarakat Wawonii yang meminta agar yang menjadi Pj Bupati adalah putera daerah setempat, Lukman menegaskan, semua adalah hak preoregatifnya. “Saya tidak ingin diintervensi dalam merekomendasikan nama-nama calon Pj Bupati Konkep. Ini adalah hak saya sebagai bupati. Kalau ada yang merasa kecewa karena tak ada putera daerah yang ditunjuk, Saya mau katakan, justru saya juga lebih kecewa atas hasil Pilbup Konawe di Wawonii," tegas pengusung Cabup Kerry S. Konggoasa dan Parinringi (Berkesan) itu.
    
Sebelumnya, Sekretaris Panitia Pemekaran Kabupaten Konkep, Muh. Ali berharap agar ada putera daerah yang bisa ditunjuk jadi Pj Bupati. Empat nama yang diusulkan adalah Abdul Salam (Staf Ahli Pemprov), Dr. Muntaha (Dekan Fakultas Hukum Unhalu), Idris (Staf Ahli Pemkab Konut) dan Cecep (Kadis Pertambangan Bombana). Nama tersebut tentu saja bukan berasal dari lingkungan birokrasi Pemkab Konawe. (m2/KP)

 
Kolaka Pos Online