KN Monday, 4 May 2015  

GRAHA PENA, Jl. Malik Raya 50 Kendari Sultra
Phone : 0401-3126513
Redaksi: redaksi@kendarinews.com
Iklan: iklan@kendarinews.com
Link Banner
Link Banner
Home arrow Features
-Menelusuri Jejak Sultra Memasuki Usia 51 Tahun (5)
Posted by Ariyani Arifin | Saturday, 25 April 2015   

Ikatan Emosional Sultra Kepulauan dan Sultra Daratan Tak Terpisahkan

Sulawesi Tenggara lepas dari Sulawesi Selatan Tenggara (Sulselra) tak lepas dari perjuangan wilayah kepulauan dan daratan. Kekompakan, saling bahu membahu untuk memperjuangkan daerah otonomi baru (DOB) yang diberi nama Sulawesi Tenggara sukses mengantar daerah ini berkembang. Bahkan, Sultra kini telah memiliki 17 kabupaten/kota.

 
Menelusuri Jejak Sultra Memasuki Usia 51 Tahun (3)
Posted by Ariyani Arifin | Thursday, 23 April 2015   

Dari Empat Dati II Menjadi 17 Kabupaten/Kota

Perkembangan Sulawesi Tenggara cukup luar biasa selama 51 tahun terakhir. Awalnya hanya bermodalkan empat daerah tingkat (Dati) II yakni Buton, Muna, Kendari, dan Kolaka. Kini, pemekaran terus melaju dan Sulawesi Tenggara telah memiliki 15 kabupaten dan 2 kota.

 
Menelusuri Jejak Sultra yang Memasuki Usia 51 Tahun (Bag-1
Posted by Ariyani Arifin | Tuesday, 21 April 2015   

Didukung Empat Kabupaten, Awalnya Diusul dengan Nama Sulawesi Timur

Tersisa 6 hari lagi, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 51. 27 April 1964, Sultra diakui menjadi sebuah provinsi baru yang memisahkan diri dari wilayah administrasi Sulawesi Selatan Tenggara (Sulselra). Kemajuan Sultra saat ini tak lepas dari perjuangan pemekaran Bumi Anoa menjadi daerah yang mandiri. Modal awalnya hanya mengandalkan empat kabupaten yakni Buton, Muna, Kendari, dan Kolaka.

 
-FI, Siswa SMA yang Ikut UN di Lapas Baubau
Posted by Ariyani Arifin | Thursday, 16 April 2015   

Disiapkan Ruangan Khusus, Pengawasan Super Ketat

Sikap labil, salah bergaul, dan gaya hidup berlebihan sering menyeret generasi muda ke dunia kelam. Banyak generasi bangsa yang harus pupus perjuangannya di bangku sekolah hanya gara-gara salah jalan. Sekolah pun selalu menjadi objek yang sering disalahkan jika anak gagal dalam pendidikan. Padahal, tanggung jawab keluarga, masyarakat, dan seluruh stakeholder pendidikan menjadi penentu wajah negeri ini dalam menentukan karakter generasi bangsa di masa mendatang.


 
Jadi Kuburan Massal Sebelum Masuk Ajaran Islam
Posted by Admin | Tuesday, 14 April 2015   
Mengunjungi Gua Tengkorak di Desa Lawolatu Kolaka Utara

Cukup banyak gua tengkorak yang ada di Sulawesi Tenggara. Tak hanya di Konawe Utara, gua tengkorak juga ditemukan di Desa Lawolatu Kecamatan Ngapa, Kabupaten Kolaka Utara. Tulang belulang di Gua Lawolatu lebih tertata dengan bagus dibanding gua tengkorak di Konut. Apalagi keindahan gua yang dihiasi stalaktik dan stalaknig menjadikan lokasi itu menarik minat wisatawan. Gua Lawolatu kini dijadikan sebagai objek wisata mistik dan budaya.

 
Prosesi Pengukuhan Bokeo Mekongga Kabupaten Kolaka
Posted by Ariyani Arifin | Friday, 10 April 2015   

Raja Dianggap Sebagai Sentrum Budaya, Dihadiri Raja-raja Nusantara
 
Upaya melestarikan budaya nasional, masing-masing daerah masih tetap mengangkat seorang raja. Meskipun tak lagi mengatur administrasi pemerintahan, namun keberadaan raja dianggap dapat menjadi sentrum budaya. Kemarin (9/4), pengukuhan Raja (Mokole) Mekongga ke 19 dihadiri para raja se-nusantara.
 
-Benteng Badia Kelurahan Badia Kota Baubau
Posted by Ariyani Arifin | Thursday, 09 April 2015   

Inspirasi Awal Munculnya Nama Baubau pada Abad 19

Banyak bangunan tua yang menjadi benteng pertahanan sebelum musuh mencapai Benteng Keraton Buton. Masing-masing benteng memiliki posisi strategis dalam menyangga benteng utama (Benteng Keraton, red). Salah satunya yakni Benteng Badia sebagai tempat mengintai musuh yang akan masuk ke jazirah Buton.


 
Menelusuri Benteng Toko Kerajaan Wuna Kabupaten Muna
Posted by Ariyani Arifin | Wednesday, 08 April 2015   

--Dikeramatkan Masyarakat Setempat, Dibangun di Masa Kerajaan Sugi

Kabupaten Muna kaya dengan berbagai situs sejarah yang masih bisa disaksikan sampai saat ini. Salah satunya adalah Benteng Toko, Tokokadimba dan Benteng Lapanasa yang terletak di Desa Mabodo, Kecamatan Kontunaga. Meski tidak terawat, benteng tersebut masih berdiri kokoh.


 
--Keindahan Ekosistem Tanjung Bintang Kolaka Utara
Posted by Ariyani Arifin | Tuesday, 07 April 2015   

-Taman Aneka Hewan Laut, Atraksi Ribuan Ikan Dapat Terlihat

Tak hanya Wakatobi yang memiliki "surga nyata bawah laut". Kolaka Utara pun menyimpan keunggulan tersebut. Keindahan laut Tanjung Bintang Kolaka Utara yang memukau dapat mempertontonkan atraksi ribuan ikan. Airnya bening sehingga pandangan bisa melihat hingga ke dasar laut. Aneka terumbu karangnya pun menjadi taman hewan laut.


 
-Potret Rumah Adat Mekongga Kabupaten Kolaka
Posted by Ariyani Arifin | Monday, 06 April 2015   

Penuh Aroma Mistik, Pengunjung Ribut Akan Dengar Jeritan Misterius

Rumah adat Mekongga Kabupaten Kolaka menjadi salah satu area publik yang dijadikan sebagai tempat refreshing masyarakat lokal. Desain klasik yang membalut rumah adat tersebut menciptakan kesan memukau bagi pengunjungnya. Area rumah adat Mekongga tak lepas dari cerita mistik. Pengunjung yang ribut akan mendengar jeritan misterius.

 
Langganan Koran
Berita Terkini
Link Banner
Link Banner
Link Banner