KN Friday, 3 July 2015  

GRAHA PENA, Jl. Malik Raya 50 Kendari Sultra
Phone : 0401-3126513
Redaksi: redaksi@kendarinews.com
Iklan: iklan@kendarinews.com
Link Banner
Home arrow Konut
Berita Konawe Utara
Jabatan Sekda Konut Bakal Dilelang
Posted by Arasy Asylum | Wednesday, 24 June 2015   

Wanggudu, KP-
Posisi H Abuhaera sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Konut tak lama lagi disandangnya. Pasalnya, surat permohonan pensiun dini yang dialamatkan pada Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah disahuti.
   
Tepat pada tanggal 1 Juli 2015 nanti, posisi H Abuhaera akan ditanggalkan sebagai abdi negara. Apalagi H Abuhaera berniat tampil sebagai calon wakil bupati Konut mendampingi Aswad Sulaiman, sebagai cabup pada pilkada Desember  mendatang.
   
“SK pensiun saya sudah terbit tertanggal 1 Juli 2015. Artinya, pada tanggal 1 Juli nantinya, bukan saya lagi yang menjabat sebagai sekda,” Kata Sekretaris Daerah Konut, H Abuhaera, di ruangannya, (22/6).
   
Persoalan siapa yang akan menggantikan posisi yang ditinggalkan, pihaknya enggan memastikan orang yang dinilai layak menduduki jabatan tersebut. Tetapi untuk menduduki posisi “jenderal” PNS lingkup pemerintah daerah Konut, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.
   
Seperti kepangkatan PNS maupun persyaratan inteklektual seseorang. “Jadi yang menggantikan nanti (Sekda), tinggal dilihat kepala dinas yang sudah memenuhi persyaratan dengan melihat golongan maksimal IVc,” ujarnya
   
H. Abuhaera menyebutkan beberapa pimpinan SKPD yang telah memenuhi persyaratan secara golongan untuk menjadi calon sekda diantaranya Kepala Dinas Kesehatan, dr Martaya, Kadistamben, Ir H Muhardi Mustafa, Kepala BKD, Drs Kahar, Kepala Bappeda, Supardi,  Kadishut, Amiruddin Supu, serta Kadishub, Baharuddin Maranai.
   
“Termasuk beberapa staf ahli yang sudah memenuhi persyaratan golongan IV c. Tetapi kesemuanya tergantung syarat kepribadian masing-masing baik intelektualnya maupun administrasi lainnya. Semuanya akan di fit and proper test,” katanya
   
Mantan Kepala Dinas PK ini juga menambahkan untuk menggantikan posisinya sebagai Sekda selanjutnya. Pihaknya bersama dengan Bupati Konut, Aswad Sulaiman akan melakukan lelang jabatan. Hal itu sesuai dengan syarat yang dipersyaratkan dalam undang-undang aparatur sipil negara (ASN). Namun kapan waktu tender jabatan dilaksanakan, pihaknya enggan membeberkan lebih dalam.
   
“Rencananya memang kita akan tender jabatan sesuai dengan UU ASN. Apalagi jabatan sekda ini adalah jabatan eselon IIa. Jadi sambil menunggu proses tender (lelang), pimpinan mungkin akan menunjuk pelaksana Sekda, semuanya itu domain dari pimpinan,” katanya tanpa menyebutkan kapan penunjukan pelaksana Sekda ditetapkan. (min/b)


 
Zikir Akbar Bakal Ramaikan Konut
Posted by Arasy Asylum | Tuesday, 23 June 2015   
-Persiapan HUT Dimatangkan

Wanggudu, KP-
Tak lama lagi Konawe Utara genap berusia 8 tahun. Setelah menjadi daerah otonom dan berpisah dengan Kabupaten Konawe, pembangunan di Konut melaju cukup drastis. Kesuksesan pembangunan daerah yang diarsiteki Aswad Sulaiman itu akan menjadi kado terbaik pada Hari Ulang Tahun (HUT) Konut yang akan diperingati 2 Juli mendatang. Visi Bangun Masyarakat Wilayah-Sejahtera untuk Kita ( BMW-Sejuk) semakin terlihat.
   
Untuk menyukseskan perayaan hari jadinya, Pemda Konut menggandeng Harian Kendari Pos. Pemda pun membentuk tim yang akan menjadi panitia HUT, kemarin (22/6). Segala persiapan menuju usia ke 8 tahun dimatangkan. Persiapan tersebut dibahas dalam rapat koordinasi yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Konut, H Abuhaera bersama sejumlah pejabat lingkup Pemda Konut. Hadir pula Wakil Direktur Bisnis Kendari Pos, Hasanuddin bersama Manajer Event Organizer (EO), Nursyamsi Abidin. Mereka menyusun kepanitiaan HUT ke 8 Konut pada 2 Juli 2015 nanti.
   
"Kita sudah lakukan kerjasama dengan Kendari Pos. Nantinya Kendari Pos akan memublis segala program dari masing-masing SKPD. Makanya, informasi yang diminta oleh Kendari Pos untuk disiapkan teman-teman SKPD," kata H Abuhaera.
   
Dalam pelaksanaan HUT Konut, kata, H Abuhaera, ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan. Keberkahan perayaan HUT akan semakin terasa karena peringatannya dilaksanakan dalam bulan Ramadan. "Nanti ada tiga kegiatan yang dilaksanakan yakni upacara, sidang paripurna di DPRD, serta zikir akbar dengan mengundang penceramah kondang asal Jakarta. Insya Allah, nantinya akan dihadiri 5 ribu orang yang dipusatkan di Masjid As Salam," katanya.
   
Tak hanya itu, kemeriahan HUT Konut masih akan berlanjut usai Ramadan. Pemda Konut akan menyiapkan expo Konut yang akan mengusung tajuk Pasar Rakyat. Berbagai kesuksesan pembangunan daerah akan dipamerkan dalam expo tersebut.
   
Wakil Direktur Bisnis Kendari Pos, Hasanuddin mengatakan, Kendari Pos siap memberikan suguhan pemberitaan dari setiap program yang dicapai setiap SKPD. "Jadi setiap hari kami akan memberitakan tentang keunggulan dari program SKPD selama expo berjalan," ujarnya. (min/b)
 
Pendidikan Itu Penting
Posted by Arasy Asylum | Tuesday, 16 June 2015   


Wanggudu, KP-
Wakil Bupati Konut, Ruksamin menitip beratkan pendidikan sebagai acuan utama dalam menggapai dunia. Pasalnya, dengan pendidikan yang dimiliki mampu membawa perubahan dalam diri sendiri, daerah, agama dan negara kearah yang lebih baik.
   
Hal itu diungkapkan oleh Wakil Bupati Konut, Ruksamin dalam kegiatan syukuran gelar doktor yang baru saja disematkan padanya dari Universitas Diponegoro, di lapangan Molawe, Senin malam.
   
"Saya meyakini yang saudara rasakan hari ini, lebih terasa apa yang kami rasakan pada saat ini. Perjalanan yang cukup panjang demi meraih cita-cita yang besar, yang kami raih gelar doktor bukanlah pencapaian yang akan menjadi milik saya sendiri. Namun, apa yang saya raih saat ini, sebesar-besarnya akan saya persembahkan untuk mengabdikan diri pada daerah ini, masyarakat Konawe Utara (Konut)," kata Ruksamin.
   
Ketua DPW PBB juga menambahkan, bahwa gelar doktor yang baru saja disematkan padanya dengan program studi administrasi publik FISIP Undip tersebut diambilnya dengan menitik beratkan pelajaran kajian implementasi alokasi dana desa (ADD) di Kabupaten Konut. Sebagai insentif fiskal bagi masyarakat desa.
   
"Dengan doa saudara saya, gelar doktor ini dapat diraih dengan kerja keras dan berlinang air mata. Hari-hari sulit telah dilewati dengan segenap ujian. Tujuannya bukan untuk memamerkan, melainkan semata-mata membangkitkan kebanggan bahwa Konawe Utara sesungguhnya memiliki banyak putra terbaik yang sesungguhnya siap menjadi tuan rumah ditanah sendiri," katanya.
   
Program studi dengan implementasi konsentrasi pada alokasi dana desa (ADD), bukan ilmu yang kebetulan diambil. Tetapi kata Ruksamin, berangkat atas landasan pada kondisi obyektif pembangunan masyarakat desa. Dengan memanfaatkan realisasi alokasi dana desa yang belum menyentuh pada sendi-sendi masyarakat desa, akibat dari tata kelola pemerintah desa yang belum mencapai pada titik yang maksimal. Baik dari sisi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (min/c)
 
HUT Konut Digagas Semarak
Posted by Arasy Asylum | Tuesday, 16 June 2015   

Wanggudu, KP-
Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe Utara (Konut) digagas semarak. Tanggal 2 Juli ditetapkan sebagai hari jadi Konut. Perayaannya diprediksi akan bergeser setelah Ramadan. Namun, persiapan menghadapi HUT Konut telah dimatangkan saat ini.
   
Semarak HUT Kabupaten Konut lebih diperkuat lagi melalui kerja sama dengan Harian Kendari Pos. Kemitraan Pemda Konut dan Kendari Pos lebih dipererat dalam kunjungan Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin, Direktur La Ode Diada Nebansi, Kepala LPSDM Sawaluddin Lakawa ke Konut, kemarin. Mereka diterima oleh Sekda Konut, H Abuhaera dan Kabag Humas Sandi dan Telematika, H. Harsyam Nur.
   
Pertemuan tersebut menggagas persiapan pelaksanaan HUT Konut. H. Abuhaera mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat ini akan melakukan pertemuan bersama jajaran SKPD guna membahas persiapan kegiatan pelaksanaan HUT Konut yang akan dipimpin Bupati Konut, Aswad Sulaiman. “Kami akan rapat bersama pak bupati dengan SKPD guna persiapan HUT nanti. Kami akan rancang persiapan dalam menyemarakan hari jadi Konut,” ujar H Abuhaera, kemarin.
   
Persoalan teknis kegiatan nantinya, H. Abuhaera menyerahkan ke Kabag Humas Pemda Konut. Dalam seremoni nantinya, pihak Pemda Konut berencana mendatangkan ustad kondang asal Jakarta untuk memberikan tauziah. Meski demikian, Pemda Konut belum menetapkan jadwal pasti penyelenggaran HUT, berhubung hari jadi Konut masih dalam suasana Bulan Suci Ramadan.
   
H Abuhaera juga menambahkan, dalam kegiatan HUT Konut, pihaknya akan mempersembahkan capaian pembangunan yang telah berhasil dilaksanakan di masa kepemimpinan Aswad Sulaiman sebagai kado ulang tahun. Apalagi pada era kepemimpinan Aswad Sulaiman ada tiga sektor yang menjadi titik pembangunan yakni sarana jalan, pendidikan dan kesehatan. “Semenjak mekar dari Konawe, pembangunan di Konut mulai terlihat. Dulunya area ini (Perkantoran Wanggudu)  adalah hutan belantara. Sekarang perlahan tapi pasti pembangunan jalan, sekolah hingga sarana kesehatan sudah terlihat. Dulu, SMA-nya hanya empat, sekarang sudah menjadi 17 SMA. Sementara pada kesehatan setiap kecamatan sudah memiliki puskesmas,” urai mantan Camat Wiwirano itu.
   
Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengapresiasi prospek pembangunan daerah otonom yang baru memekarkan diri tujuh tahun silam dibawa kendali kepemimpinan Aswad Sulaiman. Segala sektor pembangunan mulai fasilitas jalan, pendidikan dan kesehatan telah dirasakan manfaatnya masyarakat. “Ini satu kebanggaan. Pembangunan Konut meski usianya masih belia, tapi sudah mulai terlihat,” ungkap Irwan Zainuddin. 
   
Ia juga menambahkan, peran  SKPD lingkup Pemerintah Daerah Konut sangat diperlukan dalam perayaan HUT Konut nantinya. Program-program setiap SKPD yang terlaksana nantinya akan ditampilkan dalam perayaan HUT Konut.
   
Usai berdiskusi panjang lebar, mereka melanjutkan dengan melihat kondisi lapangan yang akan digunakan tempat kegiatan pelaksanaan HUT Konut yang berada di kompleks perkantoran bupati. (min/b)
 
Warga Motui Peroleh 70 Ribu Bibit Udang
Posted by Arasy Asylum | Monday, 15 June 2015   

Wanggudu, KP-
Warga Desa Tondowatu Kecamatan Motui mendapat 70 ribu ekor bibit udang jenis panama untuk dikembangbiakan. Bantuan tersebut diberikan oleh Pemda Konawe Utara kepada pada kelompok petani tambak yang ada di desa teraesebut.
   
Bantuan yang diberikan oleh Pemda disebut oleh Bupati Kobut Aswad Sulaiman sebagai bukti keseriusan pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Apalagi daerah Desa Tondowatu yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani tambak udang.
   
"Bantuan bibit udang yang diberikan akan meningkatkan perekonomian warga. Tentunya dengan pola pengembangbiakan secara profesional untuk mendapatkan hasil yang lebih baik pula," pinta Aswad Sulaiman.
   
Olehnya itu, Aswad berharap agar koordinasi dengan dinas terkait dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) terus dilakukan demi mendapatkan hasil yang diharapkan petani tambak.
   
Dalam rangka meningkatkan rehabilitasi dan perluasan lahan tambak, pemerintah daerah menjanjikan untuk mengupayakan bantuan fasilitas secara swadaya. Dengan mendatangkan alat berat eksapator guna melakukan ekspansi lahan areal tambak udang diwilayah tersebut.
   
Aswad juga meminta kepada petani tambak udang, jika hasil bibit telah dipanen, kiranya warga mampu menyisikan sebagian hasil panen dengan memberikan bantuan bibit pada petani lainnya. Hal itu dilakukan agar kemandirian petani didapatkan. "Artinya, kita ingin ada kemandirian dari petani," jelasnya. (min/c)

 
You are not authorised to view this resource.
You need to login.
You are not authorised to view this resource.
You need to login.
You are not authorised to view this resource.
You need to login.
You are not authorised to view this resource.
You need to login.
You are not authorised to view this resource.
You need to login.
More...
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Langganan Koran
Berita Terkini
Link Banner
Link Banner