KN Sunday, 21 December 2014  

GRAHA PENA, Jl. Malik Raya 50 Kendari Sultra
Phone : 0401-3126513
Redaksi: redaksi@kendarinews.com
Iklan: iklan@kendarinews.com
ShareThis
Bagikan : Tutup
Home arrow Sultra arrow Kemenag Sultra Bina Pengurus Sekolah Minggu Agama Kristen
Kemenag Sultra Bina Pengurus Sekolah Minggu Agama Kristen
Kemenag Sultra Bina Pengurus Sekolah Minggu Agama Kristen
Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Drs. Rakhman, M.Si (Kanan) didampingi Pembimas Kristen, Lusiana, S.PAK, saat menghadiri acara Pembukaan Orientasi Pembinaan Pengurus Sekolah Minggu Agama Kristen se Prov. Sultra di Hotel Imperial Kendari; Rabu, (23/4/2014)./Foto: Ist
KENDARINEWS.COM-KENDARI,
Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), melalui Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen, menyelenggarakan Orientasi  Pembinaan Pengurus Sekolah Minggu Agama Kristen se-Provinsi Sultra, yang dilaksanakan mulai Rabu, 23 hingga Jumat, 25 April 2014, bertempat di salah satu hotel di Kendari.
Ketua Panitia Orientasi, Lusiana, S.PAK, menyatakan kegiatan ini terlaksana karena pemerintah melalui Kemenag Provinsi Sultra sangat menaruh perhatian kepada peningkatan kualitas mutu pendidikan dari para pendidik yang secara moril ikut bertanggungjawab terhadap perkembangan moralitas anak didiknya.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, maka salah satu bentuk refleksi dan kepedulian pemerintah dalam hal ini Bimas Kristen Kanwil Kemenag Prov. Sultra, untuk setiap tahunnya memprogramkan kegiatan ini,” Ungkap Lusiana, yang juga Pembimas Kristen Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sultra.

Ia menyebutkan, orientasi tersebut diikuti sebanyak 30 orang peserta yang merupakan utusan dari Kabupaten dan Kota se-Sultra

Kepala Kanwil Kemenag Prov. Sultra, Drs. Rakhman, M.Si, saat membuka kegiatan itu, Rabu (23/04), menekankan agar guru Sekolah Minggu untuk  lebih meningkatkan kompetensinya,.

“Orientasi yang kita laksanakan ini sesuai dengan amanah Undang-Undang serta kebijakan Kementerian agama, khususnya di bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan. Untuk itu, para guru wajib memiliki kompetensi dasar sebelum mengajar anak didiknya,” tegasnya.

Kemenag Sultra Bina Pengurus Sekolah Minggu Agama Kristen
Suasana acara Pembukaan Orientasi Pembinaan Pengurus Sekolah Minggu Agama Kristen se Provinsi Sultra Tahun 2014 yang digelar Bimas Kanwil Kemenag Sultra, di Hotel Imperial Kendari; Rabu, (23/4/2014).
Pada kesempatan itu, Kakanwil menyampaikan tiga dasar kompetensi yang harus dimiliki untuk menjadi guru profesional, yaitu kemampuan akademik, kemampuan paedagogik, dan kompetensi sosial (human relation).

Rakhman menjelaskan, kompetensi pendidik maksudnya adalah pendidik harus memiliki pengetahuan sesuai kualifikasi pendidikan akademik yang dimiliki. Untuk kompetensi paedagogik, kata dia, merupakan hal yang sangat penting sebab jangan sampai selama ini hanya fokus ke pengetahuan semata tanpa bisa mengamalkan atau hanya mengajar pengetahuan tapi pemahaman masih lemah atau masih kurang.

“Sedangkan kompetensi Sosial, maksudnya guru harus bisa membangun komunikasi yang baik dengan stekholder seperti siswa, orangtua siswa, komite sekolah, dan pemerintah,” jelas Rakhman.

Selain itu, Kakanwil juga menyampaikan akan pentingnya sumber daya manusia yang kompeten dengan syarat harus memiliki kecerdasan yang cukup terhadap pengetahuan serta memiliki Kecerdasan Intelektual (IQ) dan Kecerdasan Emosional (EQ) sebagai dasar dalam mengembangkan wawasan dengan nurani yang baik. (Young/Pudo)
Comments
Add New RSS
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
Please input the anti-spam code that you can read in the image.
 

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
Link Banner
Sultra Terkini